jump to navigation

Dirham Card, Kartu Kredit Syariah Pertama di Indonesia Agustus 4, 2007

Posted by safruddin in Investasi & Keuangan.
trackback

Bank Danamon bekerjasama dengan MasterCard menerbitkan Dirham Card, yang merupakan kartu kredit berbasis prinsip-prinsip syariah. Kartu kredit syariah ini merupakan yang pertama di Indonesia.

“Peluncuran Dirham Card bertujuan untuk melengkapi rangkaian produk kartu yang kami tawarkan kepada para nasabah Bank Danamon,” ujar Dirut Bank Danamon, Sebastian Paredes dalam siaran pers yang diterima detikFinance, Rabu (18/7/2007).

Dirham Card ini diluncurkan berdasarkan fatwa No 54/DSN-MUI/IX/2006 Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan surat BI no 9/183/DPbS/2007 tentang persetujuan Danamon Syariah Card.

Direktur Syariah Bank Danamon, Hendarin Sukarmadji mengatakan, keunggulan Dirham Card terletak pada ‘akad’, yang merupakan istilah untuk kontrak atau skema transaksi yang digunakan dan dapat berupa ijarah, kafalah ataupun Qardh.

“Pada akad atau skema transaksi Ijarah, penerbit kartu adalah penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap pemegang kartu. Atas penyediaan jasa atau ijarah ini, pemegang kartu dikenakan biaya keanggotaan,” jelas Hendarin.

Sementara untuk skema kafalah, adalah Bank Danamon Syariah selaku penerbit kartu bertindak sebagai penjamin bagi pemegang kartu terhadap merchant atas semua kewajiban bayar yang timbul.

“Atas pemberian kafalah, penerbit kartu dapat menerima imbal jasa atau fee,” tambah Hendarin.

Untuk akad Qardh, penerbit kartu adalah pemberi pinjaman kepada pemegang kartu melalui penarikan tunai dari bank atau ATM bank penerbit kartu.

“Pemegang kartu dengan demikian berkewajiban untuk mengembalikan sejumlah dana yang ditarik pada waktunya,” tambahnya.

Dirham Card ini tidak menerapkan sistem bunga, namun menggunakan sistem biaya sewa berdasarkan prinsip ijarah. Sementara pengelolaan dana kebajikan yang diperoleh dari penyelenggaraan produk syariah misalnya late payment fee, disalurkan untuk kegiatan kedermawaan.

Selain itu, Dirham Card juga dimungkinkan untuk keperluan yang bersifat spiritual seperti umrah dan wisata spiritual

Iklan

Komentar»

1. Novi Wardi - Agustus 23, 2007

Saya sangat tertarik dengan Dirham Card tersebut n concratulation for danamon, tapi ada beberap pertanyaan yang ingin saya sampaikan yaitu:

apa fungsi deposit 10 % dari limit?, apakah hanya untuk mengetahui goodwill dari nasabah saja (customer selecting) atau dapat dijadikan sebagai jaminan jika nasabah tidak dapat membayar dendanya maka biaya denda tsb di debet dari deposit ?.

Bagaimana perhitungan denda 3 % apakah di hitung dari outstanding X jumlah hari?.

Apa benefit dari dirham card tsb.

Bagaimana scanning atas penggunaan dirham card oleh nasabah? oleh Bank? apakah bisa di gunakan pembelian pembelain rokok di supermarket?

2. Amir Karimuddin - Agustus 25, 2007

FRom : safruddin
Thanks buat tambahannya mas, smoga bermanfaat bagi yang lain
Salam kenal..

From : Amir Karimuddin
baca http://amir.karimuddin.com/kartu-kredit-syariah-vs-konvensional.html

3. arso - Agustus 26, 2007

From : Safruddin
Ada komentar lain???
Bila ada, harap commentnya dari yang lainnya.
Thanks

FRom : Arso
bukankah sewa pada kartu kredit syariah tersebut adalah sewa atas uang tersebut? karena kartu kredit merupakan bukti dari “kepemilikan uang”, sama seperti cek yang merupakan bukti kepemilikan uang . jadi akad yang bebas riba masih diragukan

4. Vicktor - Agustus 28, 2007

dirham card memenuhi kebutuhan para pengguna kartu kredit di indonesia. hal ini tidak tanpa sebab, itu karena dirham card adalah the first syariah card in indonesia. sistem syariah ini adalah sebuah sistem syariah ( hukum ) Islam yang nengharamkan riba ( bunga ) yang terdapat pada credit card konvensial. dari sinilah muncul banyak keunggulan yang dimiliki oleh dirham card yaitu : tanpa bunga, free annually fee tahun pertama, goodweel investment, late fee hanya sebesar 3 %. pada card ini anda tidak akan pernah mengeluh tentang keberatan dalam membayar bunga yang tinggi dan menggulung. untuk informasi hub : Vicktor (031) 72525825

5. hengky erlangga - Agustus 29, 2007

From : Safruddin
Wah, thanks banget buat tambahan infonya buat mas Hengky Erlangga.

From : Hengky Erlangga
for
Bu Novi: goodwill investment adalah bentuk akad untuk bisa mengaktifkan dirham card yang mana akan di investasikan oleh danamon syariah untuk pemberdayaan UKM dengan pola bagi-hasil dan anda akan mendapat bagi-hasil juga. investasi tersebut bisa kembali utuh apabila anda tidak lagi ingin menggunakan dirham card.

denda 3% dihitung dari minimum payment tagihan.
hub : 021-93645561

6. agusta - September 3, 2007

sedikit ralat, Dirham Card mungkin bukan kk syariah pertama di Indonesia, soalnya sejak tahun 2005 saya sudah memakai Syariah Card yang merupakah kk syariah keluaran unit syariah dari BII (BII Syariah)

saya ingin tahu kelebihan apa yg ditawarkan Dirham Card selain berbasis prinsip syariah, saat ini alasan saya pakai kk syariah memang murni ingin lebih syar’i, walaupun sewaktu memakai kk konvensional saya selalu lakukan full payment. apakah ada reward program atau sejenisnya seperti layaknya kk konvensional? terima kasih.

7. nury - Oktober 18, 2007

to: agusta

bii syariah sdh issue kartu kredit sebelum dirham?
really?
are you sure?
please contact me…

asuga85@yahoo.com
(nury)

8. rizki - Oktober 28, 2007

From : Safruddin
Thanks untuk tambahan infonya…

From : Rizki
assalammualaikum,

memang benar bii syariah sudah mengeluarkan kartu syariah,tetapi dia tidak seperti dirham card, yaitu :
* setiap pembelanjaan yg menggunakan bii syariah harus dibayarkan full payment, sedangkan pada dirham card bisa dicicil minimum payment seperti pada kartu kredit konvensional.
* goodwill investment pada bii syariah sebesar 100% dari limit kartu tersebut, sedangkan dirham card hanya 10% dari limit.

jadi, menurut saya memang bii syariah sudah mengeluarkan kartu lebih dulu dari dirham card tetapi lebih tepat disebut sebagai “cash card”. sedangkan dirham card menurut saya memang ” the first syariah credit card in indonesia”.

pada dirham card ada reward program yaitu “cash reward”. cash reward didapat apabila anda melakukan full payment atas tagihan anda. cash reward yang didapat akan langsung masuk ke billing dan secara otomatis akan langsung mengurangi tagihan anda.

bila ada yang salah, saya mohon maaf yg sebesar-besarnya.

wassalam.

9. aries - Oktober 31, 2007

kartu syariah pertama di indonesia, tidak ada bunga, biaya yang timbul dari kartu dirham card lebih murah dari pada bunga di konvesional, fungsi sama seperti kartu kredit lainnya, disamping itu secara tidak sengaja anda juga beribadah. cos biaya jasa 2,5% akan disalurkan ke kaum yang membutuhkan.(fakir miskin, anak yatim, dll

INTEREST CALL 081808736953
EMAIL riess_zan@yahoo.com

10. dicky - November 3, 2007

dirham adalah kartu kredit syariah, tidak ada bunga. tetapi bukankah Nett Monthly Fee itu perhitungannya sama dengan bunga…?jika saya hitung besarnya 3.25 – 3.5 %.

11. rizki - November 4, 2007

assalamualaikum,

bp. dicky, menurut saya yang disebut dengan bunga itu apabila persentase dari biaya yang timbul (3.25 – 3.5 %) dikenakan atas total pembelanjaan bapak. tetapi pada dirham card, biaya nett monthly fee merupakan biaya yang dikenakan atas sisa hutang bapak yang belum terbayarkan. jadi menurut pendapat saya nett monthly fee tidaklah sama dengan bunga.

wassalam.

12. eyrika - November 11, 2007

kalo pengen dirham card, bagaimana cara ngurusnya, ribet ndak?

13. Tri - November 16, 2007

From : Safruddin
Rekan2 netter, ada masukan lain akan hal ini ???
Saya coba cari info ini terlebih dahulu, untuk saat berikutnya saya berikan komentarnya
Thanks

From : Tri
Assalammualaikum, Wr.Wb,
Keterangan yang diberikan oleh sales dirham card pada saya, biaya untuk minimum payment sebesar Rp. 40.000 (40 % masuk ke rekening pemegang kk dan 60 % sebagai pendapatan Bank). Betul nggak informasi tsb. Mohon kejelasannya, terimakasih.
Wassalam Wr.Wb

14. wie te@ - November 22, 2007

ass…lam kenal…
dirham card??
sebuah terobosan baru dunk ya bagi perbankan syariah, syukur deh jadi lebih mempermudah nasabah dalam bertransaksi di manapun tanpa harus takut kecopetan dengan membawa uang cas,halal lagi penggunaannya, tapi permasalahannya saya lagi bingung ne, kira-kira buku yang khusus mmbahas tentang kartu kredit syariah ini udah ada belum ya, masalahnya saya lagi nyusun skripsi ne, so can u help me!!!saya tunggu secepatnya key!!!

15. meika - November 23, 2007

From : Safruddin
Thanks banget masukan dan Informasi mba Meika tentang Dirham Card.
Salam kenal penulis..
Wass wr. wb.

—————————————–
From : Meika
Dirham Card memang kartu kredit pertama sesuai dengan prinsip syariah karena Dirham Card memiliki keungulan :
1.Bebas bunga sesuai Syariah
2.lebih murah karena tidak bunga perbunga
3.berfungsi sama seperti Karu kredit
4.Peduli dengan sesama {karena keterlambatan atas pembayaran tidak untuk keuntungan Bank tetapi akan di sumbangkan ke BAZNAS dan DOMPET DHUAFA

UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT HUBUNGI STAFF KAMI ;

MEIKA ARISNAL Hp 0818656884

16. meika - November 23, 2007

JIKA ANDA INGIN APPLY DIRHAM CARD
persyaratan sangat mudah :
1.foto copy kartu kredit
2.foto copy KTP
Dengan mengubung staff kami
dan staff kami akan mengambil persyaratan tersebut .

Meika Arisnal Hp 0818656884

17. meika - November 23, 2007

Tujuan di keluarkanya Dirham Card adalah untuk mengubah gaya hidup moderen yang sesuai dengan syariah.
sehinga transaksi yang dilakukan adalah sesuai dengan prinsip SYARIAH

18. IMAM KH - November 28, 2007

saya tertarik bgaimana ya caranya tuk mendapatkanya,
wslm,

19. rizki - November 28, 2007

assalamualaikum,

untuk masukan bagi tri, minimum payment adalah sebesar 10% dari total tagihan.

apabila ada yang berminat untuk membuat dirham card dapat menghubungi rizki di (021) 30602413

syarat :
– fotokopi ktp bolak-balik
– fotokopi kartu kredit bolak balik
– umur kartu : untuk classic min. 1 tahun
untuk gold min. 6 bln

thanx

20. meika - November 30, 2007

assalamualaikum

apabila anda berminat untuk membuat Dirham Card
dapat mengubungi staff kami

Meika 0818656884

21. meika - November 30, 2007

jika ingin mengetahui informasi tentang Dirham Card :
1. apa saja keungulan dari Dirham Card
2. mengetahui tentang Dirham Card
3. Benefit apa yang anda dapatkan
4. apa persayaratan untuk membuat dirham Card

anda dapat mengubungi staff kami

MEIKA HP 0818656884

22. wahyu - Maret 1, 2008

Saya baru kemaren hari jumat 29 februari 2008 mendapatkan kartu dirham card saya, setelah saya baca2 di buku panduannya, saya akhirnya ga mau aktifin tuh kartu, karena di itung2 bayarnya lebih gede tuh dari katu kredit biasa, banyak bayar2 administrasinya dll. ada biaya tahunan, ada biaya bulanan 45rb/bulan banyak bgt potongannya. Untuk aktifasi kartu diharusnkan setor 10% dari nilai pagu kredit katanya untuk goodwil investmen ato kalo mau disumbangkan (pagu saya 5Jt untuk aktifas berarti bayar 500ribu dong ? capek deh), Pake prinsip syariah tapi kalo ujung2nya memberatkan (kebanyakan potongan) trus untuk apa? gak worthit bgt, saya lebih nyaman dengan kartu kredit yang saya pake selama ini, by dirham card

23. rinia - Maret 10, 2008

Assalamualaikum

saya ingin tau cara pembayaran dirham card via atm bersama karena informasi yg sya dapat dari danamon access center berbeda2 ( saya sudah hubungi sebanyak 3 kali ), karena keterbatasan waktu saya tidak bisa langsung ke teller bank danamon
mohon informasi yg benar bagaimana pembayaran seharusnya
trims

wasalam

24. agusajalah - Maret 11, 2008

Waaahhh mendengar kata syari’ah saya jadi bangga… tapi setelah saya baca semua isi dari blognet ini… saya jadi bingung… kalau riba yg diributkan selama ini, ternyata adalah bunga dari pinjaman… sementara sistem syari’ah bagi hasil dari nilai pinjaman yg di akad kan… sesungguhnya; riba itu pengembalian pinjaman yg memiliki nilai keuntungan / dilebihkan… jadi apapun namanya kalau pengembalian pinjaman melebihi dari nilai pinjaman… = riba… jadi… kalau sistem syari’ah itu… yg benar2 syari’ah… tidak mengambil nilai lebih dari nilai pinjaman… hayoo siapa berani kasih pinjaman dengan sistem itu… ???… belum ada khan… ???…

25. pro - Maret 14, 2008

JIKA ANDA INGIN APPLY DIRHAM CARD
persyaratan sangat mudah :
1.foto copy kartu kredit
2.foto copy KTP

Mau SYAR’IAH kenapa syaratnya harus punya KARTU KREDIT (non syari’ah) ?

Berarti ini mah seperti Kartu Kredit tambahan doang dong….?

Apa gak bisa syaratnya seperti Apply Kartu Kredit biasa aja ?

26. putro - Maret 18, 2008

Gimana klo pengen punya Dirham Card, sedangkan saya gak punya & belum pernah punya Kredit Card. Saya dari dulu gak pernah mau punya kartu kredit, coz saya pikir memberatkan sekali. Tapi setelah saya baca blog ini saya tertarik dengan Dirham Card. Gimana caranya ya?
Mohon infonya

27. meika - April 8, 2008

JIKA ANDA INGIN APPLY DIRHAM CARD
CALL ME DI
MEIKA (021)91553817
(021)32269249

28. chaska - April 16, 2008

Dirham Card di keluarkan untuk menyeimbangkan hidup Anda sesuai mottonya JOY FOR TODAY AND TOMORROW..disamping mempermudah hidup sehari-hari karna berfungsi sama dengan kartu kredit dan untuk hari depan karna dapat digunakan untuk cicilan umroh.keterangan lebih lanjut silahkan hubungi email saya or contact 021.91392702

29. Kartu Kredit Syariah « Spesial Belut Surabaya - Mei 19, 2008
30. papabonbon - Mei 19, 2008

1. ternyata untuk apply kartu krdit syariah tidak harus punya tabungan di sana

2. malah ada cash back 5 persen. ini cash back dananya dari mana yah ?

http://papabonbon.wordpress.com/2008/05/19/kartu-kredit-syariah/

31. Partono - Mei 22, 2008

Bagi temten-temen yang tinggal di Bandung, Cuanjur, dan Garut yang ingin memiliki Kartu Kredit Syariah, hubungi saya melalui:
be.partono@yahoo.com
HP: 022-30178834
TR: 022-6071927
atau kunjungi:http://kartukreditsyariah.wordpress.com/

Thanks

32. Partono - Mei 22, 2008

Bagi temten-temen yang tinggal di Bandung, Cuanjur, dan Garut yang ingin memiliki Kartu Kredit Syariah, hubungi saya melalui:
be.partono@yahoo.com
HP: 022-30178834
TR: 022-6071927
atau kunjungi:
http://kartukreditsyariah.wordpress.com/

Thanks

33. manz - Juni 17, 2008

asaalammualaikum
ibu saya menggunakan dirham……… dan saudara saya menjadi kartu tambahannya. ibu saya mengambil uang cass sebesar Rp. 1.500.000 dan saudara saya mengambil uang sebesar rp. 3.000.000. oleh ibu saya yang 1.500.000 ribu sudah dibayar lunas tinggal yang 3jt. pada bulan pertama saudara saya membayar 300.000 ribu lewat bang danamon sariah tetapi dalam penagihan kepada kartu utama uang yang 300.000 tidak dicantumkan malah yang nelpon pun tidak bisa membuktikan bahwa saudara saya telah membayar 300.000rb sedangkan kuitansi asli dari bank danamon itu ada………. dan sampai saat ini sudah ki konfirmasikan kepusat dengan beberapa pertanyaan tentang danamon dari 10 poin cuman 1 poin yang di jawab. sedangkan yang lainya mereka menjawab “maaf tinta fak kami habis jadi tulisannya buram….” padahal saya kirim bukan dengan tulisan tangan tapi hasil prinan….. oke saat ini dan besoknya saya kirim lagi sampai saat ini mereka tidak pernah membalsnya lagi cuman cewe yang nelpon nagih dengan bahasa yang kasar tidak mencerminkan sifat islam……… n saat ini pembayaran mon fee nya sudah naik menjadi 190.000 dihitung dengan admistrasi dan keterlambatan pembayaran mencapai 3.750.000 rupiah. baru dua bulan katanya tanpa bunga katanya sariah katanya bank islam……….. sedangkan ibu saya memegang kartu kred sudah 125 kartu dari bank yang lain tidah pernah mengeluh n selalu lunas bisal belum lunas juga pembayaran keterlambatanya tidak sebesar itu……..
wasalam

34. Indonesian Syariah Credit Card « - Juli 16, 2008
35. hamba Allah - Agustus 29, 2008

salam,
menurut saya namanya murni kartu kredit syariah tidak ada karena bank bukan “charitable body” (perlu dipahami), banyak hal yang perlu diperhatikan dari penerbitan credit card berlandaskan syari’ah, tidak semudah yang dibayangkan.., praktek dan teori berbeda,in my opinion ‘yang paling tepat adalah menggunakan “debet card” bukan credit card’,BII memang pernah mengeluarkan card tapi bukan credit card melainkan charge card karena ditinjau dari cara pembayarannya “at the end of the month u have to pay full payment”.., u have to be aware, is it syari’ah compliant?so, sebelum menggunakan baca aturannya (aqd yang dipakai sesuai tidak dan mekanismenya perlu diperhatikan) secara seksama..,tq
wass.

36. ayu - September 3, 2008

bwt tmn2 yg punya pengalaman dengan dirham card n klo ad yg tw ud ad ap blm buku ttg kartu kredit syariah,tlg email saya di sweety_misspurple@yahoo.com coz saya lg nulis skripsi ttg ne….plizz…dtggu ya…

37. papabonbon - September 16, 2008

saya ada prosiding seminar internasional ekonomi islam di unair tgl 1-2 agustus lalu. salah satu makalahnya membandingkan antara kartu kredit syariah danamon dengan bank islam malaysia berhad melaysia.

menarik …

38. warih - Oktober 7, 2008

Di banjarmasin sudah ada belum dirham card? gimana caranya

39. warih - Oktober 7, 2008

Di Banjarmasin sudah ada belum dirham card?

40. papabonbon - Januari 16, 2009

kalo ada danamon syariah di sana, kartu kredit dirham ya sudah ada dong …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: